Serba-serba Tinggal Sendirian di Apartemen: Jangan Salah Pilih Lingkungan!

Apartemen adalah alternatif hunian yang terjangkau ketika Anda memerlukan hunian di kota besar. Apalagi jika Anda seorang pekerja sibuk, tinggal di apartemen dapat mempermudah hidup Anda. Gedung apartemen yang lazimnya dibangun di kawasan strategis perkotaan memudahkan penghuninya dalam hal mobilitas. Ditambah fasilitasnya yang lengkap membuat Anda tak perlu repot lagi membawa furnitur besar saat pindahan.


Tapi tinggal di apartemen juga perlu ekstra hati-hati. Terlebih jika Anda tinggal sendirian. Kejahatan bisa terjadi di mana dan kapan saja, tak terkecuali di apartemen yang memiliki CCTV dan petugas keamanan 24 jam. Anda pun pastinya pernah mendengar berita kriminal yang terjadi di gedung apartemen tertentu. Mulai dari pesta narkoba, penganiayaan, pelecehan seksual, pencurian, hingga pembunuhan.

Memang pada umumnya gedung apartemen sudah dipasangi perangkat CCTV di berbagai titik untuk memperketat keamanan. Dengan begitu, petugas keamanan menjadi lebih mudah memantau kekondusifan lingkungan apartemen. Akan tetapi, CCTV tak menjadi jaminan pasti suatu tempat akan aman. Karena penjahat pun semakin kreatif dalam melakukan modus kejahatannya.

Ada baiknya ketika mencari apartemen sewa, gali informasi lebih dalam mengenai lingkungan apartemen. Anda bisa mencari informasinya lewat internet. Area yang dikenal memiliki angka kriminalitas tinggi tentu akan membuat Anda resah jadi sebaiknya lebih teliti di awal sebelum menandatangani persetujuan sewa.

Meskipun Anda memilih apartemen yang diklaim aman minim kriminalitas, tetap perlu waspada. Berikut adalah beberapa tips aman tinggal sendirian di apartemen:

Tidak sembarang mengizinkan orang masuk unit

Anda harus memilah siapa yang boleh masuk ke dalam unit Anda. Orang yang baru dikenal sebaiknya ditemui di lobby. Ketika akan masuk ke unit, perhatikan apakah ada orang yang mengikuti dari belakang. Petugas keamanan biasanya berpusat di lobby tidak di setiap lantai. Dan tidak semua gedung apartemen menerapkan sistem akses kartu sehingga orang yang bukan penghuni bisa bebas keluar masuk.

Bijak menggunakan media sosial

Jangan berlebihan membagikan aktivitas sehari-hari Anda di media sosial. Apalagi rutin membagikan lokasi keberadaan Anda. Hal itu bisa mengundang kejahatan. Bijaklah dalam menggunakan media sosial. Juga berhati-hati jika ada kenalan teman baru dari media sosial yang mengajak bertemu. Telah cukup banyak kasus pencurian, pemerkosaan, hingga pembunuhan yang berawal dari perkenalan di dunia maya.

Menjalin hubungan baik dengan tetangga

Orang-orang yang tinggal di apartemen memang tampak individualis. Tapi bukan berarti semua penghuni apartemen bersikap demikian. Bagaimanapun sebagai makhluk sosial, manusia saling membutuhkan satu sama lain. Karena itu, cobalah perlahan menjalin hubungan tetangga yang baik dengan sesama penghuni apartemen. Bisa dimulai dari unit yang paling dekat. Dengan begitu, sesame penghuni apartemen dapat lebih mudah berkomunikasi dan bekerja sama dalam menjaga kekondusifan lingkungan apartemen.